Mesin Apa Saja Yang bisa Mencetak ID Card ?

Published on by Addira

Mesin cetak id card tentunya dibutuhkan oleh mereka yang mempunyai usaha di bidang percetakan atau intansi mencetak kartu id card. Karena id card atau yang sering di dengar dengan sebutan kartu identias memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan data-data singkat personal dalam kartu PVC yang berukuran seperti kartu ATM (ukuran tersebut sudah standard untuk kartu Id Card). Data personal tersebut berupa nama, nomor identitas, alamat tempat tanggal lahir, logo, jabatan, kemudian ada juga barcode, dsb. Kartu id card bentuknya bisa juga seperti kartu mahasiswa, kartu keanggotaan, kartu tanda pengenal, kartu NPWP, kartu pasien dan masih banyak lagi. Ketika ingin membuat kartu id card sudah pasti memerlukan sebuah alat seperti mesin id card.

Mesin id card adalah seperangkat peralatan yang berfungsi untuk menghasilkan id card seperti printer id card untuk yang sederhana, namun jika untuk skala industry bisa menggunakan sablon dengan mesin offset.

Ada 2 macam system untuk mencetak dengan printer :

  • Bisa juga menggunakan desktop yang biasa saja seperti Epson dan canon
  • Menggunakan printer id card seperti printer zebra, fargo, evolis, datacard dan lainnya.

Jika menggunakan printer desktop yang digunakannya lembaran PVC berukuran A4, kemudian di laminating terlebih dahulu kalau sudah baru di potong dengan alat plong id card atau bisa juga dengan mesin pond. Pembuatan id card dengan system seperti ini dinamankan sebagai pembuatan id card dengan cara instans dan id card digital. Jika bicara biaya kalau membuat dengan system seperti ini cukuplah murah dan terjangkau.

Ada juga printer dengan kartu PVC nya sudah berupa kartu seperti ATM dengan begitu anda tidak perlu lagi membutuhkan alat potong. Printer tersebut juga yang khusus untuk id card dan peralatannya pun sangat berbeda dengan printer kantor atau printer rumahan. Printer id card dengan otomatis akan melaminasi kartu PVC jika semuanya sudah dicetak. Namun itu semua anda harus memiliki software id card karena harus melakukan desainnya.

Mesin id card mana yang nantinya akan anda pilih ? tentu perlu banyak sekali pertimbangan ketika ingin memilih mesin cetak id card, semisal dari besar investasi, kebutuhan material, dan kebutuhan pasar. Karena itu semua akan mempengaruhi biaya ketika memproduksi dan nilai jual id card anda.

Published on mesin cetak id card

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post